Cerita coklat..

Cerita coklat..  Menurut sumbernya, dikatakan bahwa coklat termasuk makanan dewa (saya sih gak percaya), Mata Uang, Pampasan Perang, Makanan Penguasa, dan legalitas coklat tersebut. Saya akan bahas untuk teman-teman sekalian adalah Coklat sebagai Mata Uang, Pampasan Perang dan Legalitasnya.
LocKer/Blog


  • Pertama, coklat sebagai mata uang. Eits, jangan salah. Kita pernah belajar Ilmu pengetahuan social di Sekolah Dasar kan? Pernah diajarkan bahwa dahulu mata uang prasejarah adalah barter. Dimana berter tersebut menjadikan suatu barang menjadi uang. Nah, demikian juga tentang coklat. Bagi suku kuno amerika, Aztec, coklat termasuk barang luangka… pada daerah dataran tinggi Meksiko Tengah yang kering, tanaman coklat sulit tumbuh. Jadi suku ini mencarinya ditempat lain yang ternyata suku Maya malah kelimpahan coklat. Dengan hal itu, Aztec memperluas wilayah hingga daerah suku Maya. Mereka Menganggap coklat berang berharga, dan daerah jajahan mereka wajib membayar dengan coklat sebagai pajak.
  • Kedua, ternyata kejayaan Aztec tidak lama. Karna akhirnya mereka pun dijajah oleh bangsa lain yang lebih maju dan modern yaitu bangsa spanyol yang dipimpin oleh Colombus. itu-tu, yang menemukan nama benua Amerika. Ceritanya tuh, Colombus datang ke Guanaja yang menemukan coklat sebagai alat tukar uang. Namun Colombus berhenti menyelidikinya dan dilanjutkan oleh Herman Cortez yang berhasil menundukkan Bangsa Aztec tersebut. Dan coklat menjadi pampasan perang karna itulah barang berharga dari bangsa Astec.
  • Ketiga, cerita terakhir nih. Bahwa dulu coklat tidak boleh dimakan sembarang orang. Tapi hanya untuk keluarga kerajaan. Tapi kedai coklat pertama kali muncul di Inggris tahun 1657. Dan siapa saja boleh membeli coklat tersebut. Dan coklat semakin mudah didapat dan murah setelah revolusi Industri, karna saat itu pabrik telah dapat memproduksi coklat. Nah menarik bukan. Ternyata coklat dulu dan sekarang berbeda. Jadi pengen makan coklat. hehehe

2 Comments

  1. wuah cilembu emang lemot kaya modemnya..baru tau tuh kalau coklat pernah jadi mata uang...haturnuhun infonya.

    BalasHapus
  2. oh gtu info yang menatik terimakasi.

    BalasHapus