Membuat Sitemape, Daftar Isi, Arsip Blogspot

Fungsi dari Sitemape atau sering kita sebut juga dengan daftar isi adalah untuk lebih memudahkan para pembaca mencari suatu artikel baik berdasarkan kategori. Hal ini sering sekali kita jumpai saat kita membaca buku, dan dalam dunia blogging pun daftar isi juga diperlukan, agar supaya artikel yang sudah pernah kita publishkan tertata rapih dan mudah dicari berdasarkan judul sesuai dengan kategori.

Untuk membuat daftar isi pada blogspot banyak terdapat cara dan bentuk dari daftar isi itu sendiri, tapi dalam kesempatan kali ini, AllSoft akan membuat daftar isi blog khususnya blogger/blogspot berdasarkan kategori dan ada dua versi/pilihan. Pertama; daftar isi ditampilkan dalam satu halaman penuh, dan yang kedua; daftar isi ditampilkan dengan bentuk scroll.

Berikut adalah cara untuk membuat daftar isi/sitemape blogspot yang dikelompokkan berdasarkan kategori dengan versi satu halaman penuh, dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1. Masuk ke Dashboard blogger
2. Pilih New Post (layaknya kita akan memposting sebuah artikel)
3. Beri judul posting dengan Daftar Isi atau Sitemape atau dengan bahasa lain sesuai keinginan sobat.
4. Pilih tab Edit HTML, kemudian copy dan paste code berikut :

<script style="text/javascript" src="https://sites.google.com/site/allsoftblogs/allsoftjs/contents.js"></script><script src="http://bloggingsoft.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc"></script>
5. Ganti URL http://bloggingsoft.blogspot.com/ dengan alamat URL sobat
6. Klik Publish atau Terbitkan Entri
7. Lihat Hasilnya


Versi Kedua yaitu dengan menggunakan scroll. versi ini bisa menghemat tempat dan bisa juga di taruh dimana saja sesuai selera sobat, bisa di sidebar, footer dan bahkan di bawah artikel dan lain sebagainya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Pastikan sobat sudah login ke blogger
2. Pilih Tambah Widget (jika mau di taruh di sidebar atau footer)
3. Pilih HTML/Javascrip
4. Copy dan Paste code berikut :

<div style="overflow:auto;width:430px;height:120px;padding:10px;border:1px solid #eee"><script style="text/javascript" src="https://sites.google.com/site/allsoftblogs/allsoftjs/contents.js"></script><script src="http://7nets.co.cc//feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc"></script>
</div>
5. Ganti alamat URL http://7nets.co.cc/ dengan alamat URL sobat
6. Atur Widht and Height sesuai dengan selera sobat, kemudian simpan
7. Hasilnya Seperti dibawah ini :



Selamat Mencoba
Salam Ngeblog

0 Comment "Membuat Sitemape, Daftar Isi, Arsip Blogspot"

Posting Komentar